Dilansir dari Klaten Kab, Minuman tradisional ini terbuat dari bola-bola tepung ketan yang diisi dengan kacang tanah dan gula merah, disajikan dalam kuah jahe yang harum.

Dengan bahan tambahan potongan roti tawar dan irisan kolang-kaling menjadikan wedang ronde lebih menarik untuk di icipi.

Wedang Ronde tidak hanya menyegarkan dan menyehatkan, tetapi juga memberikan pengalaman rasa yang unik sehingga banyak peminatnya.

7. Nasi Liwet Klaten yang Enak dan Gurih

rekomendasi-wisata-kuliner-klaten-nasi-liwet
Nasi Liwet khas Klaten gurih dan lezat. (foto oleh amazingindonesiafood di Instagram)

Nasi Liwet Klaten adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan, daun salam, serai, dan rempah-rempah lainnya. Disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, telur, tahu, dan sambal, Nasi Liwet Klaten memberikan pengalaman rasa yang lezat dan berkesan sejak suapan pertamanya.

Gurihnya santan dan wanginya yang berasal dari daun salam menjadikan nasi liwet terasa lebih nikmat jika dinikmati selagi hangat.

8. Jajan Klepon Asal Klaten

klepon-khas-Klaten
Jajanan tradhisional Klepon Klaten. (foto oleh fransiska_tien di Instagram)

Klepon adalah jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan kelapa parut dan gula merah. Klepon Klaten memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal.

Ketika pertama kali mencoba menu ini yang akan kamu rasakan adalah perpaduan gula merah dan ketan yang pulen menyatu dan menghasilkan rasa yang lezat.

Jajanan ini sering dijumpai di pasar tradisional dan menjadi pilihan favorit untuk camilan di sore hari. Banyak juga turis yang menyukai makanan tradhisional ini.

9. Rekomendasi Wisata Kuliner Soto Klaten

wisata-kuliner-soto-khas-Klaten
Soto Klaten menu andalan saat cuaca dingin. (foto oleh indomendunia di Instagram)

Rekomendasi wisata kuliner Klaten yang banyak digemari oleh wisatawan adalah Soto Klaten. Menu kuliner satu ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari soto di daerah yang lainnya. Soto Klaten menggunakan kuah kaldu ayam yang kaya rasa disajikan dengan potongan daging ayam, sayuran, dan sambal.

Disajikan dengan nasi, Soto Klaten menjadi hidangan yang sangat menggugah selera, terutama saat cuaca dingin.

10. Wisata Kuliner Bubur Manado Klaten

rekomendasi-wisata-kuliner-klaten-bubur-manado
Wisata kuliner Bubur Manado Klaten. (foto oleh banjarbaru.foodies di Instagram)

Meskipun bubur Manado berasal dari Sulawesi Utara, varian yang satu ini menjadi favorit di Klaten. Bubur Manado Klaten memiliki cita rasa yang khas dengan bahan utama seperti jagung, ubi, dan daging.

Dengan kuah yang kaya rempah, bubur ini menjadi menu pilihan bagi banyak orang sebagai hidangan sarapan ataupun makan malam.

Jika kamu menyukai menu yang kaya akan rempah, Bubur Manado Klaten bisa menjadi pilihan kamu ketika singgah di kota ini.

Penutup

Nah, itu tadi 10 rekomendasi wisata kuliner Klaten dari kami. Berwisata ke Klaten tak akan lengkap jika belum mencoba berbagai wisata kuliner andalan kota ini. Dengan keberagaman kuliner yang dimiliki, Klaten menawarkan petualangan rasa yang menarik bagi para pecinta kuliner.

Mulai dari hidangan tradisional hingga kreasi modern, setiap gigitannya mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki oleh kota kecil ini.

Jadi, jangan sampai kamu lewatkan 10 rekomendasi wisata kuliner Klaten dari kami ketika kamu berada di sana!

Pages: 1 2

One response to “10 Rekomendasi Wisata Kuliner Klaten yang Banyak diburu Turis ”

  1. Ashry Avatar

    Gethuk lindrinya keliatan enak banget 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *