Rekomendasi wisata kuliner Klaten memiliki cita rasa tersendiri dan wajib kamu coba ketika berkunjung di sana. Meskipun mungkin tidak sepopuler destinasi kuliner besar seperti Yogyakarta atau Semarang, Klaten memiliki kekayaan kuliner yang patut di coba.

Terkait harga kamu juga tidak perlu khawatir karena masih tergolong murah dan ramah di kantong.

Dengan tradisi masakan yang kaya rasa dan bahan-bahan lokal yang lezat serta pengolahan yang tradisional, berikut 10 rekomendasi wisata kuliner terenak yang dapat kamu temui di kota ini:

1. Makanan Khas Gudeg Klaten

rekomendasi-wisata-kuliner-klaten
Rekomendasi wisata kuliner Gudeg Klaten. (foto oleh nomnomklaten di Instagram)

Gudeg Klaten tidak bisa dilewatkan ketika berbicara tentang kuliner khas daerah ini. Gudeg, hidangan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, memiliki keunikan tersendiri di Klaten.

Dengan rasa yang manis dan gurih, Gudeg Klaten sering disajikan dengan nasi, ayam, dan telur. Cita rasa yang lezat yang dimiliki Gudeg Klaten membuatnya menjadi menu wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

2. Sate Klathak Kuliner Asal Klaten

kuliner-sate-klathak
Wisata kuliner Sate Klathak Klaten. (foto oleh sasmitaedo di Instagram)

Berkunjung ke Klaten akan kurang lengkap jika belum mencicipi Sate Klathak. Sate Klathak merupakan sate yang terbuat dari bahan utama daging kambing.

Menu ini adalah hidangan yang sangat populer di Klaten. Bedanya dengan sate pada umumnya, Sate Klathak disajikan dengan tulang sebagai gagang sate. Dipanggang dengan bumbu khas, sate ini memiliki cita rasa yang unik dan memikat para pecinta kuliner.

3. Nasi Pecel Asli Kuliner Klaten

nasi-pecel-kuliner-klaten
Rekomendasi wisata kuliner Nasi Pecel khas Klaten. (foto oleh nomnomklaten di Instagram)

Nasi Pecel adalah hidangan yang umum dijumpai di seluruh Jawa Tengah, tetapi nasi pecel yang berasal dari Klaten ini memiliki sentuhan khas yang membuatnya menjadi lebih istimewa.

Nasi Pecel Klaten disajikan dengan sambal pecel yang pedas, sayuran segar, dan dibumbui dengan saus sambal yang terbuat dari kacang tanah yang gurih. Memiliki rasa yang lezat dan bergizi menjadikannya sebagai makanan sehat sekaligus bergizi karena memiliki bahan dasar sayuran.

4. Bakmi Lezat dari Klaten

bakmi-khas-klaten
Rekomendasi wisata kuliner bakmi khas Klaten. (foto oleh klatenkab.go.id)

Bakmi Klaten merupakan varian mie yang diolah dengan cara khas Klaten. Di masak dengan menggunakan arang membuat ketertarikan tersendiri bagi para wisatawan.

Mie ini biasanya disajikan dengan kuah gurih dan berbagai tambahan seperti potongan daging sapi, pangsit, dan sayuran segar. Tekstur mie yang kenyal dan kuah yang gurih yang mengepul membuat Bakmi Klaten menjadi hidangan yang sangat dinikmati oleh warga setempat dan wisatawan.

5. Cemilan Sehat Khas Klaten Gethuk Lindri

gethuk-lindri-khas-klaten
Rekomendasi wisata kuliner Gethuk Lindri khas Klaten. (foto oleh bakingpemula di Instagram)

Rekomendasi wisata kuliner Klaten yang lainnya dan bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah Gethuk Lindri. Gethuk Lindri merupakan jajanan tradisional khas Klaten yang terbuat dari ketela rambat yang direbus dan kemudian dipadatkan.

Gethuk Lindri memiliki bentuk unik seperti tabung dengan warna yang menarik. Ada berbagai varian rasa yang di jual seperti original, coklat, kelapa muda dan pandan.

Biasanya Gethuk Lindri menggunakan toping parutan kelapa yang ditaburkan di atasnya. Rasa manis dan lembut yang dihasilkan, seringkali menjadikan menu ini disajikan sebagai kudapan ringan ketika sedang bersantai di rumah.

Tak jarang juga ada yang menjadikan Gethuk Lindri sebagai oleh-oleh yang di bawa oleh para wisatawan.

6. Rekomendasi Wedang Ronde Khas Klaten

wedang-ronde
Rekomendasi wisata kuliner Wedang Ronde. (foto oleh klatenkab.go.id)

Wedang Ronde sudah banyak dijajakan di berbagai daerah. Meskipun begitu, mencoba minuman satu ini di Klaten juga menjadi pilihan yang sempurna karena bisa menghangatkan tubuh di tengah udara sejuknya Klaten.

Pages: 1 2

One response to “10 Rekomendasi Wisata Kuliner Klaten yang Banyak diburu Turis ”

  1. Ashry Avatar

    Gethuk lindrinya keliatan enak banget 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *