Wisata pantai Pacitan tidak hanya yang terletak di kota saja. Berbagai pantai yang ada di desa justru menawarkan pemandangan dan birunya laut yang indah.

Berikut berbagai pilihan pantai Pacitan yang baru maupun lama, mulai dari yang kerap dijadikan sebagai tempat wisata terkenal hingga yang masih sepi pengunjung.

1. Pantai Pancer Pacitan Kota

wisata-pantai-pacitan-pancer
Wisata pantai Pacitan kota, pantai Pancer disore hari. (Dokumentasi oleh Yuri Mahirta)

Sebagai tempat favorit kalangan muda dan masyarakat lokal, pantai Pancer kerap dikunjungi pada pagi dan sore hari sebagai tempat olahraga.

Saat ini telah ada banyak tanaman hijau tinggi serta beberapa spot yang telah dibangun oleh pemerintah, seperti ruang bersepeda, lari, dan voli pantai yang biasanya dilakukan sore hari dengan pemandangan sunset yang romantis.

Selain itu, ada juga tempat berkemah bagi siswa pramuka atau backpacker yang ingin mendirikan tenda. Tak perlu khawatir kelaparan selama di pantai Pancer, karena sudah disediakan spot khusus untuk warga berjualan makanan lokal serta jajanan dengan harga terjangkau.

Untuk dapat menikmati pantai Pancer, wisatawan akan dikenakan biaya setidaknya Rp. 3.500 pada hari biasa dan Rp. 5.000 saat weekend.

Sedangkan biaya parkir sekiranya pada harga Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Cukup murah bukan?

2. Pantai Kota Pantai Teleng Ria

Bersebelahan dengan pantai Pancer, ada juga pantai Teleng Ria yang sudah terkenal bagi wisatawan luar daerah bahkan luar negeri. Perbedaannya dengan pantai Pancer, pantai Teleng Ria dikelola oleh perusahaan swasta asal Singapura sehingga memiliki area spot foto yang bagus.

Oleh karenanya, harga tiket masuk tentu berbeda dengan pantai Pancer. Meski begitu, biaya yang dikeluarkan masih cukup terjangkau karena hanya dikenakan Rp. 10.000 pada hari biasa dan Rp. 15.000 saat hari Minggu atau libur lainnya.

Parkirnya juga termasuk murah dengan membayar Rp. 5.000 untuk pengguna motor serta Rp. 10.000 untuk kendaraan mobil.

Sepengalaman berada di Teleng Ria, kios makanan serta oleh-oleh berupa kaos lebih banyak ditemui di sini. Area duduk sekaligus tempat berkumpul yang nyaman dan estetik untuk pasangan maupun keluarga juga cukup terfasilitasi.

Oleh karena itu, tak heran jika bis-bis yang datang dari luar kota untuk field trip atau rombongan komunitas atau keluarga besar jadi lebih sering terlihat.

3. Pantai Pangasan Pacitan

Daftar pantai di Pacitan yang bisa dikunjungi selanjutnya adalah pantai Pangasan yang berlokasi di dusun Batulapak, desa Kalipelus, kecamatan Kebonagung yang membutuhkan setidaknya 1 jam dari pusat kota Pacitan karena jaraknya yang memakan setidaknya 29,4 km.

Untuk dapat ke lokasi pantai Pangasan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa karena tidak ada kendaraan umum yang melaju ke arah pantai ini.

Dengan pemandangan tebing dan area persawahan yang sangat dekat dengan area pantai, menjadikan area Pangasan cocok sebagai tempat camping. Hanya diperlukan uang Rp. 5.000 untuk dapat masuk dan menikmati area pantai.

4. Pantai Watu Papak Pacitan

Dekat dengan pantai Soge ada pula pantai yang masih baru dan sepi pengunjung, yaitu pantai Watu Papak. Lokasi tepatnya berada di desa Sidomulyo kecamatan Ngadirojo.

Dengan fasilitas sederhana seperti lahan parkir untuk kendaraan roda 2 dan 4, toilet, dan warung, pengunjung sudah dapat menikmati indahnya pantai Watu Papak dengan harga tiket masuk Rp. 5.000 saja.

Pantai pasir putih ini sangat cocok untuk camping bersama teman dan juga keluarga karena suasananya yang asri dikelilingi pepohonan hijau dan udara yang masih sejuk.

Ombak pantainya juga tergolong aman untuk berenang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Meski demikian, perlu untuk berhati-hati karena terdapat banyak batuan karang disekitar area pantai yang juga kerap dijadikan spot foto.

5. Pantai Pidakan Pacitan

wisata-pantai-pidakan-pacitan
Air laut yang biru di pantai Pidakan, Pacitan. (Dokumentasi oleh Yuri Mahirta)

Wisata pantai terbaik di Pacitan yang selanjutnya adalah pantai Pidakan yang menjadi salah satu hidden gem yang ada di Pacitan karena letaknya yang cukup jauh, yaitu sekitar 20 km dari pusat kota.

Dengan airnya yang biru jernih, banyaknya karang serta bebatuan berwarna putih, keindahan alamnya masih sangat terjaga.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *